UMUM

Minggu, 29 November 2009

Qurban yang di selewengkan

Berawal dari tidak memahami makna berqurban ,hari ini kita dengar daging qurban yang seharusnya disampaikan pada yang berhak malah diperjual belikan tidak ubahnya dipasar ,ada juga para pembeli yang mendatangi tempat-tempat qurban yang menawarkan ingin membeli daging hewan quran tersebut.
Qurban adalah hari menyate masal...
Qurban adalah hari mencari kupon daging qurban..
Qurban adalah berbanyak-banyak mengumpulkan daging qurban ...
Qurban adalah hari hewan qurban berjejer ria dijalan-jalan ...
Qurban adalah hari mengadu nasib menjual hewan qurban di ibukota...
Qurban adalah kesempatan menjadi panitia pemotongan hewan qurban ...
sebegitu parahkah akhlak umat akhir jaman ini..?
Kita sering mendengar ayat yang menyatakan daging dan darah qurban tidak sampai kepada Allah ,yang sampai hanya nilai ketakwaan kepada Allah SWT.
dengan demikian hakikat qurban adalah untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT dalam menggapai nilai ketakwaan sebagai makhluk yang termulia disisi Allah SWT.
Pengertian yang salah yang kita pahami sejak dahulu adalah hewan-hewan tersebut yang kita qurbankan akan menjadi tunggangan kita diakhirat nanti.ini mengakibatkan orang yang berkurban berbangga-bangga diri ia telah berkurban tanpa mengkaji lagi apakah hakikat qurban yang sesungguhnya.Sudahkan dengan berqurban menambah kedekatan dirinya kepada Allah.Artinya keseharian hidup kita disandarkan dengan Al-quran dan sunah Rasulullah SAW.
Potensi yang amat besar yang jarang sekali dilihat masyarakat pada umumnya adalah menjadikan hari qurban dari mulai proses hingga akhirnya menjadikan masyarakat islam menjadi masyarakat yang beragama sesuai dengan Al-quran.Kita lihat..
Dari mulai mencari uang dengan yang halal sehingga dapat mensisihkan hartanya untuk berqurban ,dengan demikian mendidik umat senantiasa bekerja dengan sungguh-sungguh dan mengikuti ajaran agama Islam sehingga hal-hal yang berkenaaan dengan keharaman ia akan benar-benar menjauhinya seperti korupsi,menipu ,mengambil hata yang bukan miliknya dsb.
Mencari hewan qurban yanq terbaik .Ini akan menumbuh kembangkan perekonomian pedesaan yang masyarakatnya mencari penghasilan sebagai peternak.Para peternak akan berlomba-lomba menjadikan ternak-ternak mereka yang terbaik dengan makan yang cukup dan perawatan yang maksimal.juga akan menarik para ilmuwan untuk mengembangkan berbagai teknologi dalam mencari dan menemukan hal-hal yang terbaru yang berguna dalam pengembang biakan hewan.
Menyelenggarakan pemotongan hewan qurban.Kita sering menyaksikan pemotongan hewan kurban ,tapi sedikit sekali kita ambil pelajarannya dari hal tersebut.Dalam diri manusia ada sifat hewaniyah yang merugikan dirinya dan orang lain,seperti rakus,serakah,nafsu amarah dan seksual yang berlebihan ,ada nilai yang kita dapat ketika pemotongan hewan tersebut ,diantaranya menghilangkan nafsu-nafsu hewaniyah yang merugikan diri manusia itu sendiri.
Pendistribusian ,kita lihat bahwa daging kurban hanya untuk beberapa hari saja yang terkesan kita rakus,kita saling bersebut,kadang kala ada yang menumpahkan dara karena sekantong daging,antar tetangga saling bermusuhan dan tidak saling bertegur hingga sampai saat ini karena sepotong daging.Ini menunjukkan betapa lemah manajemen umat Islam yang menjadi umat mayoritas dinegara ini.Seharusnya kita kelola potensi ekonomi yang besar ini ,dengan manajemen profesional dan nasional tidak secara tradisiona.Yang sering terjadi adalah tumpang tindihnya pendistribusian karena dikelola secara manajemen tradisional .seharusnya qurban membawa perekonomian kita menjadi makmur dengan visi dan misi yang terukur.
tugas kita bersama agar qurban menjadi hal yang memakmurkan baik jasmani maupun rohani umat ini.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© 2011 Perkembangan Pemikiran
Designed by Blog Thiet Ke
Posts RSSComments RSS
Back to top